Senin, 27 Juni 2016 | By: Dika Darmawan

Pembuatan Objek Buah DURIAN Dengan Menggunakan Blender




Langkah-langkah pembuatan objek 3 dimensi buah :
1.    Untuk membuat objek 3 dimensi hal pertama yang dilakukan adalah menjalankan software Blender 2.74.
2.      Setelah blender terbuka hapus terlebih dahulu objek kubusnya.
3.      Untuk membuat objek durian, ada beberapa langkah yang akan kita kerjakan diantara dengan klik Add pada Menu bar® Mesh ® UV Sphere.
                                     
                   Gambar 1. Add UV Sphere

4.      Ukuran segments dan rings diubah menjadi 10 dan untuk ukuran resolution pada panel sebelah kanan menjadi 500 px dan pada bagian bawahnya juga sama yaitu 500 px.


Gambar 2. Setting Segments, Rings, Dan Resolution Objek UV Sphere

5.    Zoom objek durian menggunakan scroll lock pada mouse dan ubah tampilan kamera dengan menu view dan klik  top.

  
Gambar 3. Zoom Objek  UV Sphere Dan Ubah Tampilan View

 
 
Gambar 4. Mengubah View Objek

6.      Klik tombol tab pada keyboard agar objek berubah ke edit mode. Klik huruf w pada keyboard  dan pilih subdivide.


 Gambar 5 Objek Beralih Ke Edit Mode

7.      Ubah ukuran  number of cuts pada sisi panel sebelah kiri layar menjadi 2.


Gambar 6 Ukuran Number Of Cuts Yang Telah Berubah

8.      Seleksi garis menjadi 5 bagian dengan menekan tombol shift dan alt secara bersamaan dan klik kanan mouse pada garis yang akan diseleksi.



 Gambar 7 Menyeleksi Garis Menjadi 5 Bagian

9.      Tekan huruf “O” pada keyboard agar Propotional Editing Mode menjadi aktif.

 

  Gambar 8 Mengaktifkan Propotional Editing Mode

10.  Tekan huruf “S” untuk merubah bagian objek 3D,  gerakan mouse agar ukuran dapat dirubah dan gunakan juga scroll lock pada mouse agar dapat mengatur ukurannya.

 Gambar 9 Objek UV Sphere Yang Telah Dirubah

11.  Huruf “A” pada keyboard berfungsi untuk menghilangkan seleksi dari kelima garis yang sebelumnya diseleksi, tekan huruf “A” kembali untuk menyeleksi seluruh bagian objek.


 Gambar 10 Menyeleksi Seluruh Bagian Objek 3D

12.  Klik Extrude Individual pada menu, dan klik kanan mouse pada objek agar bagian yang telah di Extrude Individual tidak bergerak ke kanan atau ke kiri.



 Gambar 11 Objek Yang Telah Di Extrude Individual

13.  Huruf “O” pada keyboard ditekan untuk menonaktifkan Propotional Editing Mode, dan  huruf “S” pada keyboard ditekan untuk merubah ukuran bagian yang telah di Extrude Individual, gerakan mouse ke arah mana saja, sampai bagian yang telah di Extrude Individual keluar dari objek 3D. Dan klik kiri pada mouse agar bagian yang telah di Extrude Individual tidak bergerak.



  Gambar 12 Objek 3D Yang Telah Di Extrude Individual Dan Ukurannya Telah Dirubah

14.  Pilih menu Modifiers  pada bagian kanan layar kerja,  pilih Add Modifier dan pilih Subdivision Surface.
 

  Gambar 13 Tampilan Menu Modifiers

15.  Untuk mengganti mode objek ke Object Mode dapat menggunakan tombol tab. Dan pilih apply pada toolbar di bagian kanan layar kerja.

16.  Untuk membuat lubang pada bagian atas objek agar dapat menempatkan bagian tangkai yang nanti akan dibuat. Icon face select pada tollbar di bagian bawah di klik dan seleksi bagian tengah objek .


 Gambar 14 Seleksi Dengan Face Select


17.  Tombol delete ditekan agar dapat menghapus bagian yang diseleksi dan pilih face.
 


 Gambar 15 Tampilan Objek Yang Telah Di Delete

18.  Menu view pada tollbar di bagian bawah layar kerja diklik lalu pilih front agar tampilan berubah menjadi front.



 Gambar 16 Tampilan View Front

19.  Tahap berikutnya yaitu tangkai durian, mode objek 3D diubah dari edit mode ke object mode. mesh pada toolbar di bagian bawah layar kerja diklik  dan pilih cylinder.
  

 Gambar 17 Menambahkan Objek 3D Cylinder

20.  Ukuran radius diubah menjadi 0.05 dan depth menjadi 0.5 pada toolbar di sebelah kanan layar kerja.
 


Gambar 18 Objek Cylinder Dengan Ukuran Radius 0.05 Dan Depth 0.5

21.  Objek Cylinder dipindah pada bagian atas tengah objek UV Sphere yang sebelumnya telah dibuat lubang, tempatkan objek Cylinder tepat di tengah.

 Gambar 19 Objek Cylinder Berada Bagian Atas Tengah Objek UV Sphere

22.  Objek uv spehere dibuat agar lebih tajam dan halus,  klik kanan pada objek uv sphere lalu pilih Modifiers pada toolbar di sebelah kanan layar kerja  pilih Add modifier dan pilih Subdivision surface. Ubah ukuran View menjadi 3 dan Render 2  klik apply.

 Gambar 20 Tampilan Objek  UV Sphere Setelah Ukuran View Dan Render Dirubah

23.  Tahap selanjutnya yaitu pemberian warna pada objek uv sphere dan cylinder. Pilih menu Material pada Toolbar di sebelah kanan layar kerja  pilih Add new  material slot atau tanda ( + ) lalu pilih new, ubah nama material 001 dengan nama durian dan pilih difuse dengan Intensity = 0.800 dan atur Intensity  R = 0.800 , G = 0.664 ,dan B = 0.234
 

 Gambar 21 Pewarnaan Objek Durian

24.  Untuk pewarnaan tangkai buah, klik kanan pada objek Cylinder pilih menu Material pada Toolbar di sebelah kanan layar kerja lalu pilih Add new  material slot atau tanda ( + ) lalu pilih new. Ubah nama material 001 dengan nama tangkai dan pilih Difuse dengan Intensity =  0.800 dan atur Intensity R = 0.311 , G = 0.164 ,dan B = 0.058



 Gambar 22 Pewarnaan Tangkai Buah

Setelah pemberian warna dilakukan, maka objek akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
 


 Gambar 23 Objek Durian Yang Telah Diberi Warna

25.  Pilih menu file pada menu bar,  pilih save as. Simpan dengan ekstensi .blend.



Gambar 24 Export File Ke Dalam Format (.Fbx)

26.  Export objek dengan klik file pada menu bar, pilih export kemudian pilih Autodesk FBX (.fbx).

                                               

0 komentar:

Posting Komentar