Senin, 27 Juni 2016 | By: Dika Darmawan

PELANTIKAN CALON ANGGOTA TEMA GUNADARMA ANGKATAN XXV

Pelantikan sekaligus latihan alam bagi calon anggota Tema Gunadarma angkatan XXV diadakan pada pertengahan semester genap yaitu pada tanggal 15sampai dengan 17 April 2016, pelatikan dan latihan alam ini diadakan di daerah  Taman Safari Puncak. Peserta yang akan dilantik sebanyak 13 saja dari total yang awalnya berjumlah 50 orang namun yang mengikuti proses pelantikan hanya 13 orang. Semua panitia sudah mempersiapkan  acara ini jauh-jauh hari sebelumnya karena ini adalah suatu agenda tahunan dari kegiatan yang diadakan Tema Gunadarma. Kepanitiaan dibentuk tiga bulan sebelum kegiatan ini diadakan. Banyak sekali acara yang akan dilaksanakan disana mengingat acara ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam. Semua calon anggota Tema Gunadarma dipersiapkan untuk membawa seluruh barang bawaan yang telah ditetapkan oleh pihak panita. Dalam hal ini saya sendiri menjadi koordinator transportasi dan koordinator peralatan. Semua peserta baik itu panitia atau peserta berkumpul di kampus E Universitas Gunadarma pada tanggal 15 April 2016 pukul 07.00 wib. Sebelum berangkat kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi keselamatan dan kelancara dalam menjalankan semua agenda acara ini. Tak lama setelah itu kita semua naik ke dalam kendaraan, lama perjalanan kurang lebih selama dua jam dan akhirnya kami pun sampai disebuah vila bernama vila Cha-cha di daerah Taman Safari Puncak. Barang barang dipindahkan dari bus kedalam vila, vila untuk peserta berada tidak jauh dari vila panitia. Kami pun beristirahat sambil mengecek semua barang-barang yang kami bawa dan panita yang menangani peserta pergike vila satunya lagi untuk membagikan kamar dan arahan kepada semua peserta.setelah itu kami mengadakan upacara pembukaan di area lapangan terbuka, upacara berjalan dengan khidmat dan rasa khusyu. Setelah upacara selesai kami pun yang beragama muslim bersiap siap untuk menjalani ibadah sholat jumat, letak mesjid lumayan cukup jauh dari vila yang kami tempati. Disaat para lelaki menunaikan ibadah sholat jumat para wanita mempersiapkan makanan untuk semuanya.
Jam menunjukan pukul 13.00 wib kami pun semua berkumpul untuk makan siang bersama sama, setelah selesai kami duduk sejenak sambil berbincang bincang dengan yang lain. Pukul 14.00 wib panitia yang mengarahkan semua peserta ke area lapangan.dan saya pun mempersiapkan segala peralatan yangakan dibutuhkan oleh panita yang memimpin games tersebut. Acara yang dilakukan disana memang sudah betul betul panitan susun dengan tujuan mereka dapat mengerti akan dunia seni, kecintaan akan alam, dan mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan alam dunia yang sungguh luar biasa ini. Tak lupa kami pun mengundang para alumni Tema Gunadarma sebagai tamu kehormatan untuk memberikan sedikit materi, wawasan dan pengalaman mereka saat mereka bergabung dengan Tema Gunadarma. Para alumni datang ketika menjelang sore hari tidak banyak yang datang dikarenakan mereka sedang menjalani aktivitas lainnya. Menjelang malam hari kami semua bersitirahat. Namun panitia mempersiapkan acara selanjutnya yang akan diadakan pada tengah malam. Panita membentuk lima pos yang di tiap posnya terdiri dari beberapa panitia dan kami pun bergegas ke tempat pos masing masing sesuai arahan ketua koordinator lapangan, kemudian ada beberapa panita yang bertugas membangun para peserta. Peserta diperlengkapi dengan senter  mengingat area sekitar sangat gelap sekali. Mereka pergi kesetiap pos dari mulai pos pertama hingga pos yang terakhir. Di tiap pos mereka diberikan pertanyaan dan mereka diwajibkan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh panitia. Setelah selesai para peserta dikumpulkan semua di tengah tengah lapangan dan para alumni bercerita sedikit mengenai kisah mereka dalam berkecimpung di dunia teater banyak sekali hal-hal yang mereka berikan sehingga memotivasi kami semua untuk dapat membuat sebuah pementasan yang baik. Tak lama setelah itu kami semua masuk ke vila untuk beristirahat, pagi harinya kami sarapan bersama sama di dalam vila.
Pukul sembilan pagi semua panitia bersiap siap untuk mempersiapkan games dilapangan, para peserta dipecah menjadi beberapa kelompok untuk dapat mengikuti games yang telah dipersiapkan ini, ada games jaring laba-laba, jaga lilin dan banyak lagi lainnya. Games yang panitia sediakan bertujuan untuk menjalin kerja sama dan kekompokan dalam tim, karena dalam membuat sebuah produksi pementasan terdiri dari beberapa tim yang dapat bisa bekerja sama dengan baik antara tim yang satu dengan yang lainnya. Tak terasa waktu sudah mau siang hari dan kami pun beristirahat sejenak dan melanjutkan kembali games tersebut setelahnya hingga berakhir. Menjelang sore hari para peserta membuat sebuah kerajinan di tengah lapangan dengan menggunakan barang bawaan yang telah mereka siapkan sebelumnya. Karya yang mereka hasilkan cukup menarik dan diantaranya ada yang sangat bagus. Malam harinya semuanya berkumpul di dalam satu vila baik itu peserta, panitia dan juga alumni. Acara yang akan di adakan adalah penampilan mini pementasan dari tiap-tiap angkatan panitia hingga alumni. Dan para peserta menyaksikan dengan baik dari tiap angkatan yang mencoba mementaskan karya mereka yang sebelumnya telah dipersiapkan dari jauh jauh hari. Ada yang membawakan musikalisasi puisi, monolog dan drama pendek. Dan dimalam terakhir disana, kami menyiapkan api unggun dan semuanya mengitari api unggun dan panita yang lainnya termasuk saya mempersiapkan peralatan untuk acara pelepesan lampion bersama. Saat lampion telah siap diterbangkan kami semua berdoa dan menulis semua keinginan kami di lampion masing-masing dengan harapan kami dapat  menjalankan dengan baik dan meraih semua yang tertuang dalam lampion. Pelepasan lampion di awali oleh ketua umum Tema Gunadarma dan diikuti yang lainnya setelah acara selesai kami segera beristirahat. Tak terasa acara selama tiga hari dua malam telah mencapi batasnya dipagi hari setelah sarapan kami semua bersiap siap untuk pulang, setelah semua siap kami melakukan penutupan upacara yang dipimpin ketua umum Tema Gunadarma. Tak lama setelah upacara selesai bus pun datang dan semua naik ke dalam bus dan kami berdoa terlebih dahulu agar kami semua diberikan keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan pulang. Dan siang hari kami sampai di kampus E Gunadarma dan semua dipersilahkan pulang kerumahnya masing masing.

0 komentar:

Posting Komentar