Langkah-langkah pembuatan objek 3 dimensi buah :
1. Untuk
membuat objek 3 dimensi hal pertama yang dilakukan adalah menjalankan software Blender 2.74.
2. Setelah blender terbuka hapus
terlebih dahulu objek kubusnya.
3. Untuk membuat objek durian, ada beberapa
langkah yang akan kita kerjakan diantara dengan klik Add pada Menu bar® Mesh ® UV Sphere.
4. Ukuran segments dan rings diubah menjadi 10 dan untuk ukuran resolution pada panel sebelah kanan
menjadi 500 px dan pada bagian bawahnya juga sama yaitu 500 px.
Gambar
2. Setting Segments, Rings, Dan Resolution Objek UV Sphere
5. Zoom
objek durian menggunakan scroll lock
pada mouse dan ubah tampilan kamera
dengan menu view dan klik top.
Gambar
3. Zoom Objek UV
Sphere Dan Ubah Tampilan View
Gambar
4. Mengubah View Objek
6. Klik
tombol tab pada keyboard agar objek
berubah ke edit mode. Klik huruf w pada keyboard
dan pilih subdivide.
Gambar 5 Objek Beralih Ke Edit Mode
7. Ubah
ukuran number of cuts pada sisi panel sebelah kiri layar menjadi 2.
Gambar
6 Ukuran Number Of Cuts Yang Telah
Berubah
8. Seleksi
garis menjadi 5 bagian dengan menekan tombol shift dan alt secara bersamaan dan
klik kanan mouse pada garis yang akan
diseleksi.
Gambar
7 Menyeleksi Garis Menjadi 5 Bagian
9. Tekan huruf “O” pada keyboard agar Propotional
Editing Mode menjadi
aktif.
Gambar
8 Mengaktifkan Propotional Editing Mode
10. Tekan
huruf “S” untuk merubah
bagian objek 3D, gerakan mouse agar
ukuran dapat dirubah
dan gunakan juga scroll lock pada mouse agar dapat mengatur ukurannya.
Gambar
9 Objek UV Sphere Yang Telah Dirubah
11. Huruf “A” pada keyboard berfungsi
untuk
menghilangkan seleksi dari kelima garis yang sebelumnya diseleksi, tekan huruf “A”
kembali untuk
menyeleksi seluruh bagian objek.
Gambar
10 Menyeleksi Seluruh Bagian Objek 3D
12. Klik Extrude Individual
pada menu, dan klik
kanan mouse pada objek agar bagian yang telah di Extrude Individual tidak bergerak ke kanan atau ke kiri.
Gambar
11 Objek Yang Telah Di Extrude Individual
13. Huruf “O” pada keyboard ditekan untuk
menonaktifkan Propotional Editing Mode, dan huruf “S” pada keyboard ditekan untuk merubah
ukuran bagian yang telah di Extrude
Individual, gerakan mouse ke arah mana saja, sampai bagian yang telah di Extrude Individual keluar dari objek 3D.
Dan
klik kiri pada mouse agar
bagian yang telah di Extrude Individual
tidak bergerak.
Gambar
12 Objek 3D Yang Telah Di Extrude
Individual Dan Ukurannya Telah Dirubah
14. Pilih menu Modifiers pada bagian kanan
layar kerja, pilih Add Modifier dan pilih Subdivision
Surface.
Gambar
13 Tampilan Menu Modifiers
15. Untuk mengganti mode objek ke Object Mode dapat
menggunakan tombol tab. Dan pilih apply pada toolbar di
bagian kanan layar kerja.
16. Untuk membuat lubang pada bagian atas
objek agar dapat menempatkan bagian tangkai yang nanti akan dibuat. Icon face select pada tollbar
di bagian bawah di klik
dan seleksi bagian tengah objek .
Gambar 14 Seleksi Dengan Face
Select
17. Tombol delete ditekan agar dapat menghapus bagian yang diseleksi dan
pilih face.
Gambar 15 Tampilan Objek Yang Telah
Di Delete
18. Menu view pada tollbar di
bagian bawah layar kerja diklik
lalu
pilih front agar tampilan berubah menjadi front.
Gambar
16 Tampilan View Front
19. Tahap
berikutnya yaitu tangkai durian, mode objek 3D diubah dari edit mode ke object mode. mesh pada toolbar di bagian bawah layar kerja diklik dan
pilih cylinder.
Gambar
17 Menambahkan Objek 3D Cylinder
20. Ukuran radius diubah menjadi 0.05 dan depth menjadi 0.5 pada toolbar di sebelah kanan layar kerja.
Gambar
18 Objek Cylinder Dengan Ukuran
Radius 0.05 Dan Depth 0.5
21. Objek Cylinder dipindah
pada
bagian atas tengah objek UV Sphere
yang sebelumnya telah dibuat lubang, tempatkan objek Cylinder tepat di tengah.
Gambar
19 Objek Cylinder Berada Bagian Atas
Tengah Objek UV Sphere
22. Objek uv spehere dibuat
agar
lebih tajam dan halus, klik kanan pada objek uv sphere lalu pilih Modifiers pada toolbar di sebelah kanan layar kerja pilih Add
modifier dan pilih Subdivision
surface. Ubah ukuran View menjadi
3 dan Render 2 klik apply.
Gambar
20 Tampilan Objek UV Sphere Setelah Ukuran View
Dan Render Dirubah
23. Tahap
selanjutnya yaitu pemberian warna pada objek uv sphere dan cylinder. Pilih menu Material pada Toolbar di sebelah kanan layar
kerja pilih Add new material slot atau
tanda ( + ) lalu pilih new, ubah nama material 001 dengan nama durian dan pilih
difuse dengan Intensity = 0.800 dan atur Intensity
R = 0.800 , G = 0.664 ,dan B = 0.234
Gambar
21 Pewarnaan Objek Durian
24. Untuk
pewarnaan tangkai buah, klik kanan pada objek Cylinder pilih menu Material pada Toolbar di sebelah kanan layar kerja lalu pilih Add new
material slot atau tanda ( + ) lalu pilih new. Ubah nama material 001 dengan nama
tangkai dan pilih Difuse dengan Intensity = 0.800 dan atur Intensity R = 0.311 , G = 0.164 ,dan B = 0.058
Gambar
22 Pewarnaan Tangkai Buah
Setelah
pemberian warna dilakukan, maka objek akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Gambar
23 Objek Durian Yang Telah Diberi Warna
25. Pilih menu file pada menu bar, pilih save
as. Simpan
dengan ekstensi .blend.
Gambar
24 Export File Ke Dalam Format (.Fbx)
26. Export
objek dengan klik file pada menu bar, pilih export
kemudian pilih Autodesk FBX (.fbx).
0 komentar:
Posting Komentar