Pada kali ini adalah cara pembuatan
scene, kali ini saya mencoba
membuatnya dua buah scene yang saya beri nama scene menu dan scene tampilan daftar nama buah. Tahap ini
menggabungkan asset-asset seperti
background gambar dan gambar lainnya yang akan kita pergunakan yang sebelumnya
telah kita import, pembuatan script dan memasukan elemen lainnya agar
dapat dijadikan satu dalam satu scene.
- Scene Dan User Interface Menu, Daftar Nama Buah, Tentang, Dan Bantuan.
Berikut ini adalah
langkah-langkah untuk membuat scene
dan user interface menu pada unity:
1. Klik
File à
New Scenes untuk membuat scenes baru.
2. Masukkan
Panel pada UI, klik GameObject à
UI à
Panel.
Gambar
1 Insert Panel
3. Pilih
gambar Assets background menu pada
folder background yang telah di import sebelumnya, ubah Texture Type pada Inspector menjadi Sprite (2D
and UI) lalu klik Apply.
Gambar
2 Mengubah Texture Type Background
4. Drag background
menu ke source image yang terdapat
pada window Inspector pane.
Gambar
3 Source Image Background Menu
5. Warna Panel pada Inspector Panel
diubah dengan
cara klik Color lalu ubah Sliders R=225, G=225, B=225, dan A=225.
Agar background terlihat lebih jelas.
Gambar
4 Mengubah Warna Panel
Setelah warna Panel
diubah maka tampilan Canvas akan seperti gambar dibawah ini:
Gambar
5 Tampilan Background Menu
6. Langkah
selanjutnya adalah memasukkan button
mulai, tentang, bantuan, dan keluar.
Pada menu bar klik GameObject à UI à
Button. Lakukan cara tersebut
sebanyak empat kali agar menghasilkan empat button.
Gambar
6 Insert Button
7. Rename
setiap button sesuai dengan fungsinya ganti dengan nama mulai, tentang,
bantuan, dan keluar. Klik kanan pada setiap button
lalu pilih rename. Dan hapus teks
yang terdapat pada button tersebut.
Gambar
7 Rename Button
8. Masukkan
source image untuk button yang telah dibuat. Klik button pada Panel, ubah source image
pada button dengan mengubah terlebih
dahulu gambar button menjadi 2D Sprite. Kemudian kunci button agar button tidak bergerak saat dibuild.
Gambar
8 Mengganti Tampilan Button
Setelah
langkah ini dilakukan maka tampilan awal menu akan tampak seperti gambar di
bawah ini:
Gambar
9 Tampilan Menu
9. Simpan
scene dengan cara menekan Ctrl+S dan simpan dengan nama menu. Lakukan
hal yang sama pada pembuatan scene
Tentang dan Bantuan seperti cara yang teah diuraikan di atas.
- Scene Dan User Interface Daftar Buah
Berikut ini adalah
langkah-langkah untuk membuat scene
dan user interface daftar buah pada
unity:
1. Klik
File à
New Scene untuk membuat scene baru.
2. Masukkan
Panel pada UI dengan cara klik GameObject à
UI à
Panel.
Gambar
10 Insert Panel
3. Pilih
gambar Assets background daftar buah
pada folder background yang telah di import sebelumnya, ubah Texture Type pada window Inspector menjadi Sprite (2D and UI) lalu klik Apply.
4. Drag background
daftar buah ke source image yang
terdapat pada window Inspector panel.
5. Warna Panel pada Inspector Panel
diubah dengan
cara klik Color lalu ubah Sliders R=225, G=225, B=225, dan A=225.
Agar background terlihat lebih jelas.
Setelah warna Panel diubah maka tampilan Canvas akan seperti gambar dibawah ini:
Gambar
11 Tampilan Background Daftar Buah
6. Langkah
selanjutnya adalah memasukkan button durian, jeruk, semangka, melon,
lemon, kiwi, pisang, nanas, pir, apel dan kembali. Pada menu
bar klik GameObject à
UI
à
Button. Lakukan cara tersebut
sebanyak sebelas kali agar menghasilkan sebelas button.
7. Rename
setiap button sesuai dengan fungsinya ganti dengan nama durian, jeruk, semangka, melon,
lemon, kiwi, pisang, nanas, pir, apel dan beranda. Klik kanan
pada setiap button lalu pilih rename. Dan hapus teks yang terdapat
pada button tersebut.
8. Masukkan
source image untuk button yang telah dibuat. Klik button pada Panel, ubah source image
pada button dengan mengubah terlebih
dahulu gambar button menjadi 2D Sprite. Kemudian kunci button agar button tidak bergerak saat di build.
Gambar
12 Tampilan Daftar Buah
9. Simpan
scene dengan cara menekan Ctrl+S pada
keyboard lalu simpan dengan nama
Daftar buah.
0 komentar:
Posting Komentar