Kamis, 15 Mei 2014 | By: Dika Darmawan

Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi


Pada tulisan saya sebelumnya saya telah membahas mengenai kepemimpinan, kali ini saya akan membahas mengenai pengambilan keputusan. Di dalam kehidupan kita sehari hari ini penuh dengan pengambilan keputusan, itu bisa terjadi di setiap saat baik di rumah, di jalan, di kerjaan dan bahkan dalam keadaan yang tidak anda duga anda harus bisa mengambil sebuah keputusan dengan baik dan tepat guna mencapai apa yang anda inginkan atau mengurangi resiko dari permasalahan yang anda alami. Di dalam menjalankan sebuah organisasi tentunya terdapat salah satu kegiatan ataupun suatu perencanaan yang membutuhkan dan mengharuskan kita untuk merencanakan semua itu dengan sangat teliti dan terperinci, jangan sampai anda salah mengambil keputusan dalam merencanakan hal tersebut. Salah dalam mengambil keputusan bisa berakibat fatal, bisa membuat sebuah perusahaan gulung tikar dalam waktu singkat. Dibutuhkan pemimpin yang mempunyai dedikasi yang tinggi untuk bisa mengambil keputusan yang baik. Diperlukan adanya prosedur prosedur pengambilan keputusan yang tepat agar keputusan yang diambil mencapai tujuan seperti yang diharapkan.

1.      DEFINISI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.1.   Shull dalam dalam Ety Rochaety (2008:151) mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah proses   kesadaran manusia terhadap fenomena individual maupun sosial berdasarkan kejadian faktual dan nilai pemikiran yang mencakup aktivitas perilaku pemilihan satu atau beberapa alternatif sebagai jalan keluar       untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
1.2.   Pengambilan Keputusan Merupakan bagian dari tanggung jawab pimpinan organisasi yang membuthkan informasi lengkap, benar, dan up to date. Sebelum keputusan diambil, terlebih dulu perlu dirumuskan dan dibuat alternatif-alternatifnya. dari satu alternatif yang dipilih kemudian harus tetap dipantau pelaksanaanya.

2.      JENIS – JENIS KEPUTUSAN ORGANISASI
Tentunya ada beberapa jenis jenis keputusan menurut teorinya, namun pada tulisan saya kali ini saya akan menerangkannya secara umum  atau garis besarnya saja.
Secara umum pengambilan keputusan dibagi  menjadi 2 jenis sebagai berikut :

2.1.   Keputusan strategis
Setiap organisasi melahirkan berbagai kebijakan atau keputusan organisasional. Kebijakan dan arah organisasi merupakan keputusan strategis. Kebijakan menyita banyak perhatian terutama bagi para manajer puncak karena pengaruhnya sangat besar terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup organisasi.
2.2.   Keputusan  operasional
Adapaun keputusan operasional menyangkut pengelolaan organisasi sehari hari. Keputusan operasional sangat menentukan efektivitas keputusan strategis yang diambil oleh para manajer.

3.    FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

1.    Fisik
Didasarkan pada rasa yang dialami pada tubuh, seperti rasa tidak nyaman, atau kenikmatan. Ada kecenderungan menghindari tingkah laku yang menimbulkan rasa tidak senang, sebaliknya memilih tingkah laku yang memberikan kesenangan.

2.    Emosional
Didasarkan pada perasaan atau sikap. Orang akan bereaksi pada suatu situasi secara subjective.

3.    Rasional
Didasarkan pada pengetahuan orang-orang mendapatkan informasi, memahami situasi dan berbagai konsekuensinya.

4.    Praktikal
Didasarkan pada keterampilan individual dan kemampuan melaksanakan. Seseorang akan menilai potensi diri dan kepercayaan dirinya melalui kemampuanya dalam bertindak.

5.    Interpersonal
Didasarkan pada pengaruh jaringan sosial yang ada. Hubungan antar satu orang keorang lainnya dapat mempengaruhi tindakan individual.

6.    Struktural
Didasarkan pada lingkup sosial, ekonomi dan politik. Lingkungan mungkin memberikan hasil yang mendukung atau mengkritik suatu tingkah laku tertentu.

Dari penjelasan di atas telah menerangkan secara singkat faktor faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan. Faktor faktor tersebut sangat memberi andil yang penting dalam memberikan suasana seseorang untuk mengambil sebuah keputusan, keterkaitan faktor faktor tersbut menjadi salah satu tingkat keberhasilan seseorang dalam menjalankan sebuah perusahaan. Bayangkan jika seseorang mengambil sebuah keputusan dalam keadaan yang sangat emosional, menyebabkan keputusan yang di ambilnya tidaklah tepat. Banyak sekali contohnya dalam kehidupan kita sehari hari biasanya hal tersebut sering di alami oleh para remaja yang baru beranjak dewasa dimana tingkat emosional mereka belum dapat dikendalikan dengan baik. Dengan gegabahnya mereka mengambil keputusan tanpa dipikirkan secara matang dan jangka panjang menyebabkan remaja zaman sekarang sering dilibatkan oleh masalah yang mereka buat sendiri. Sangat amat disayangkan jika mereka terjebak dan  bahkan mereka harus mendapatkan imbas negative atas kesalahan dalam mengambil keputusan.

4.      IMPLIKASI MANAJERIAL
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan itu berada.

     DAFTAR PUSTAKA
·         Rochaety, Ety. SIM Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara,2008.
·         Syamsi, Ibnu. Pengambilan keputusan dan sistem informasi. Jakarta, Bumi Aksara, 2007.
·         Anzizhan & Syafarudin. Sistem pengambilan keputusan pendidikan.Jakarta,Grasindo.
·         http://bayuahmadprakoso.blogspot.com/2014/05/pengambilan-keputusan-dalam-organisasi.html (di akses tanggal 12 Mei 2014 jam 19.45 wib).
·         http://herisllubers.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html (di akses tanggal 12 Mei 2014 jam 20.34 wib).






0 komentar:

Posting Komentar