Kamis, 24 Oktober 2013 | By: Dika Darmawan

ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE



Di dalam kehidupan kita sehari hari,pastinya manusia selalu berinteraksi dengan manusia  yang lainnya,bisa berinteraksi dengan satu orang bahkan dengan banyak orang sekaligus. Meskipun mereka berbeda jenis kelamin,suku,budaya,agama bahkan berbeda kewarganegaraan sekalipun jika mereka bisa berinteraksi maka itu bukannlah suatu masalah yang sulit. Banyak cara yang bisa mereka pergunakan untuk bisa berkomunikasi satu sama lainnya,di era modern sekarang banyak sekali media sosial yang dipergunakan untuk bisa berkomunikasi dengan jarak yang jauh. Terkadang dari hal hal seperti itulah bisa terbentuk sebuah organisasi,yang dimana organisasi tersebut  bisa mempunyai tujuan tujuan yang berbeda beda.
Di era modern sekarang banyak sekali organisasi yang dipelopori oleh anak anak muda dengan berbagai tujuan,dari hal yang baik sampai ketujuan yang tidak baik pun ada.Dan ada pula organisasi yang bertujuan untuk meraup keuntungan semata tanpa memikirkan nasib para anggotanya,Organisasi seperti itulah yang harus kita hindari,untuk itu kita harus lebih cermat dalam memilih suatu organisasi.Di dalam sebuah organisasi kita akan menemukan orang orang yang mempunyai satu tujuan dengan kita,dengan berkecimpung dalam organisasi kita bisa mengetahui banyak hal hal yang belum pernah kita ketahui,banyak hal hal positif yang bisa ambil dari sebuah organisasi

PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi adalah sekelompok atau kumpulan manusia yang saling bekerja sama dengan suatu perencanaan kerja dan peraturan  untuk mencapai suatu tujuan tertentu,
Namun ada banyak lagi pengertian dari organisasi dari para pakar lainnya contohnya sebagai berikut
Menurut E Weight Bakke Organisasi adalah “suatu sistem yang berkelanjutan atas kegiatan manusia yang bermacam-macam dan terkoordinasi berupa pemanfaatan, perubahan dan penyatuan sumberdaya manusia, materi, modal, gagasan dan sumberdaya alam untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia tertentu dalam interaksinya dengan sistem-sistem kegiatan manusia dan sumber-sumbernya yang lain , dalam suatu lingkungan tertentu.


 Victor A Thompson : Organisasi adalah “integrasi impersonal dan sangat rasional atas sejumlah spesialis yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati”.
Philip Selznick  : Organisasi adalah “suatu ekspresi struktural dari kegiatan rasional”.
Stephen P Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 

UNSUR – UNSUR ORGANISASI

1.      Manusia (Man).
2.      Kerjasama.
3.      Tujuan Bersama.
4.      Peralatan (Equipment).
5.      Lingkungan.
6.      Kekayaan alam.
7.      Kerangka/Konstruksi mental

Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :

1.      Manusia.
2.      Kerjasama.
3.      Tujuan bersama-sama.

CIRI-CIRI ORGANISASI

Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi bisa disebut juga sebagai wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Apakah yang dimaksud dengan manajemen??
Menurut Profesor Oei Liang Lec, definisi manajemen adalah sebagai berikut :
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisaskan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia denga bantan alat-alat untk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.
Manajemen merupakan kegiatan pikok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengola input menjadi output melalui proses manajemen.

            Keterkaitan manajemen dengan organisasi sangatlah berkaitan karena di dalam sebuah organisasi pasti membutuhkan adanya suatu manajemen terlebih jika manajemen yang dibuat sangat baik,maka akan membantu kinerja yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut.Dengan adanya sebuah manajemen dalam organisasi akan membantu lancarnya proses kegiatan yang akan dilakukan oleh sebuah organisasi.


MANAJEMEN ORGANISASI DAN TATA KERJA

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana ( how ) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang baik suatu mamajemen akan berjalan rapi dan sesuai dengan tujutan semula. Kita pasti ingin sesuatu yang kita menej, berjalan dengan baik.Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  • Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
a) Manajemen –> Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi  –>  Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata kerja   –>  Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Dengan penjabaran yang demikian,baik manejemen,organisasi dan tatakerja itu semua saling berkitan satu sama lainnya untuk membentuk suatu yang sinergi dan semua itu mengarah kepada tercapainya sebuah tujuan untuk kepentingan bersama.

Saat saya duduk dibangku SMA,saya mulai bergabung dalam sebuah organisasi karang taruna yang terdapat disekitar wilayah RT saya,ketika mulai bergabung tentunya banyak hal hal yang belum saya pahami dalam berorganisasi.Seiring dengan waktu saya mempelajari mengenai itu semua dari kakak kakak yang lebih dahulu masuk dalam organisai ini.Dimana organisasi ini berhubungan dengan banyak kegiatan social yang terdapat dalam ruang lingkup kehidupan kita sehari hari.Tak dapat dipungkiri adanya sebuah organisasi dalam sebuah lingkup RT pun memang perlu digalakkan dari seusia dini,karena seiring waktu generasi penerus akan melanjutkan kegiatan kegiatan atau bahkan menambah banyak kegiatan positif lainnya.Dalam setahun banyak sekali kegiatan sosial yang kami lakukan baik dalam bidang keagamaan sampai dalam bidang keamanan.Disini kami saling bahu membahu satu sama lain,saling mengajarkan kepada generasi generasi penerus untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada masyarakat,selain dengan membantunya kegiatan sosial di lingkungan rumah,karang taruna juga merupaka ajang silahturahmi dari mereka mereka yang masih muda.Disini pun kami berbagi ilmu pelajaran juga,banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari organisasi yang sederhana ini.Karena untuk mendapatkan sesuatu yang berharga,bisa kita meraihnya dari sesuatu hal yang bersifat sederhana.


Sumber :


Jangan lupa untuk singgah :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar