Senin, 05 November 2012 | By: Dika Darmawan

Atasi Penat dalam Bekerja



              



          Tuntutan pekerjaan sering membuat orang  bekerja seharian di belakang meja dan terus menerus menatap komputer.Terlebih bila suatu pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dikarenakan harus mencapai target apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.Hal ini tentu saja akan melelahkan dan menjenuhkan. Terkadang kebanyakan orang berpikir bahwa bekerja di dalam gedung berhadapan dengan komputer adalah hal yang menyenangkan, berpakain bersih gaji lumayan dan punya relasi luas.Tetapi sebagian orang juga merasakan sangat lelah ketika bekerja dikantor. Dengan segudang rutinitas yang itu-itu saja, setumpuk kertas, laporan dan mata selalu menatap di depan computer. Kalau kita lihat,  kelelahan dan kepenatan dalam rutinitas di kantor banyak sekali faktor pencetusnya.Mulai dari pekerjaan yang menumpuk dan kita tidak punya rencana kerja yang baik sampai pada kemungkinan tekanan dari atasan yang besar serta suasana kerja yang tidak kondusif.

Bila kita terlalu memaksakan diri dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa mengertahui dan menyadari batas batas maksimal dari kondisi tubuh dan pikiran kita maka itu semua akan dapat menimbulkan stress.Setiap orang dari kita pasti pernah mengalami stress dalam pekerjaan.Faktor atau penyebab sesorang mengalami stress dalam pekerjaan adalah :

FAKTOR INTERNAL
1.    Pekerjaan yang kita dapatkan itu tidak sesuai dengan bakat kita atau tidak sesuai dengan jabatan yang kita inginkan.
2.     Tidak puasnya hasil yang diterima selama bekerja.
3.     Tidak sesuai dengan tingkatan pendidikan kita.
4.  Tidak sesuai dengan cita cita misalnya ingin menjadi manager tetapi jabatan yang diterima hanyalah karyawan biasa.
FAKTOR EXSTERNAL
1.     Mendapat tekanan yang berlebihan dari atasan .
2.     Adanya persaingan dari karyawan sehingga menghambat tujuan dan cita cita
3.     Adanya tekanan dari luar pekerjaan misalnya dari keluarga 
4.     Penghasilan atau gaji yang tidak sesuai dengan kebutuhan
5.     Pekerjaan yang kita dapatkan terlalu monoton dan  membosankan

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat menghilangkan kepenatan ditempat bekerja agar kita tidak mengalami sterss yang berkepanjangan.Melakukan relaksasi dapat berguna untuk mengendurka otot otot yang  tegang.Relaksasi ini dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan gerakan sederhana seperti menggerakkan tangan atau memutar badan ke kanan atau ke kiri.Relaksasi juga bisa dilakukan dengan cara memijat leher dan punggung. Browsing internet dapat menjadi cara yang baik untuk menghilangkan kejenuhan. Ketika menjelajahi internet  tak jarang kita menemukan ide ide baru  yang berkaitan dengan pekerjaan yang dapat membantu atau mempermudah atau memberi inspirasi dalam hal pekerjaan.Membaca buku,komik,majalah,novel atau koran merupakan pilihan lainnya,membaca merupakan  sesuatu yang menarik bagi kita,entah berita peristiwa,olahraga,serial humor,kecantikkan hal tersebut dapat menyegarkan pikiran dan memberikan dampak positif selain untuk menghilangkan penat. Membaca buku,komik,majalah atau koran juga dapat menambah wawasan dan informasi yang belum pernah kita ketahui.

Memainkan permainan yang ada di komputer atau di handpone juga dapat membuat pikiran menjadi segar kembali dan siap untuk berkonsentrasi kembali melanjutakn perkerjaan yang  sebelumnya kita tunda atau kita abaikan akibat jenuh.Namun sebaiknya diingat,jika kita bermain jangan sampai lupa waktu dan melupakan tugas tugas dan pekerjaan utama.Karena efek samping dari bermain game adalah dapat memberikan kecanduan dalam bermain sehingga kita tak sadar banyak waktu yang kita pergunakan untuk bermain game tersebut,bila tidak kita cermati justru hal seperti ini dapat menggangu atau menghambat dalam menyelesaikan tugas tugas yang ada.Untuk itu harus diperhatikan dan diingat bila bermain game jangan sampai terlena oleh waktu.

Menghabisakan waktu istirahat untuk berjalan kaki mengunjungi tempat tempat yang menarik di sekitar tempat kerja dapat memberikan kesegaran tersendiri untuk kita,setidaknya kita dapat melupakan pekerjaan dan kejenuhan untuk sesaat.Di zaman sekarang banyak perkantoran yang letaknya strategis dimana letak letak perkantoran tersebut tidak jauh dari tempat tempat umum dan keramaian seperti mall, restauran, pasar, tempat rekreasi,taman kota dan lain lain sebagainya.Banyak dari para pekerja yang menggunakan waktu istirahat mereka untuk pergi ketempat tempat tersebut bersama teman teman,hal seperti ini sering kita lihat dan jumpai saat jam istirahat kantor tiba.Belajarlah untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi dan menyikapi segala permasalahan.Misalnya ketika atasan marah-marah pada anda, bukan berarti ia sentimen atas hasil kerja anda.Cobalah berpikir bahwa si bos sedang memberi masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja anda di kemudian hari.Selalulah berpikir positif,maka energy positiflah yang akan keluar dari tubuh anda
                  
Sisihkan waktu untuk bersantai meminum kopi,teh atau sekadar memakan cemilan,hal ini dapat membuat tubuh kita relaks dan kembali siap untuk menyelesaikan perkajaan.Mengobrol atau berinteraksi sosial dengan teman seruangan kantor akan menambah nyaman suasana kerja. Sedikitlah bergurau dan buat cerita lelucon yang dapat membuat tawa.Atau menelpon kerabat, teman,sahabat bahkan keluarga adalah hal lain yang mungkin dapat mengembalikan semangat kerja.Musik bisa membantu mengatasi kejenuhan dan stres,pilihlah musik atau lagu kesukaan anda. Kemudian dengarkan dan nikmati musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau seusai pulang kantor untuk menghilangkan rasa penat. Putarlah musik selama 10-30 menit agar lebih rileks, pilih jenis musik yang tidak terlalu keras.Mencuci muka dengan air dingin adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan.Kegiatan ini adalah kegiatan umum yang sering dilakukan oleh sebagian orang bila jenuh bekerja.

Opini saya:
Pada dasarnya bila kita kita melakukan sesuatu pekerjaan secara ikhlas maka pekerjaan itu tak akan menjadi beban yang memberatkan kehidupan kita,seberat apaun pekerjaan yang kita jalani bila menjalaninya dengan penuh keikhlasan dan mencari ridho Tuhan Yang Maha Esa karena berniat untuk melakukan pekerjaan sebagai suatu ibadah maka itu semua akan hal yang ringan.Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mempunyai segudang aktifitas yang sangat padat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari,bila tidak diimbangi dengan waktu beristirahat maka dapat menyebabkan kejenuhan bahkan dapat menimbulkan sterss.Untuk itu kita harus pandai pandai menyiasati dan membagi waktu dan pekerjaan se-efesien mungkin agar hal tersebut seperti itu tidak kita alami.



0 komentar:

Posting Komentar