Senin, 27 Juni 2016 | By: Unknown

HOLIDAY



Tentu kita sangat akrab dengan kata “weekend”, “akhir pekan “  atau hholiday, yang sampaii detik ini kita artikan sebagai waktu dimana kita dapat bebas dari rutinitas kerja maupun sekolah sebagai lawan dari hari-hari normal lainnya
Secara etimologi, holiday berasal dari kata “holi” dan “day” yang bermakna sebagai hari suci dan menurut kamus ensiklopedi bahasa inggris, kata holiday hanya merujuk pada hari keistimewaan bersama (umat kristen), yaitu hari yang disucikan
Namun kini arti kata holiday memiliki pergeseran makna, holiday tidak lagi berhubungan dengan agama sehingga yang tadinya “hari minggu adalah hari yang suci (umat kristen) menjadi “hari minggu adalah hari libur”.

Pada umat muslim sendiri, hari yang memiliki keistimewaaan khusus terletak pada hari jumat, fimana pada hari jumat itu aktivitas ibadah umat islamm banyak ditekankan, seperti berziarah ke makam, membaca surah al kahfi, menjalankan ibadah sholat jumat (muslim pria) hingga terdapat ungkapan populer “Friday is holiday”. Maka kita sebagai umat muslim perlu meluangkan waktu khusus, tidak disubukkan dengan rutinitas agar dapat khusu dalam melaksanakan aktivitas ibadah.

Sedangkan apabila kita menjadikan hari minggu sebagai hari libur, disadari atau tidak dari kita menjadikan hari tersebut kurang bermanfaat dan tidak produktif karena diisi dengan kegiatan yang cenderung negatif seperti hanya di rumah dan bahkan clubbing. Karena banyak tempat hiburan yang pada hari minggu buka agar dapat menarik pengunjung  membuat acara spesial. Dari hal tersebut tentu kita dapat simpulkan bahwa setiap hari adalah hari yang sibuk, produktif dan bermanfaat. Saatnya diri kita sendirilah untuk memilih, apakah kita ingin menjadi manusia yang bermanfaat dan produktifitas atau sebaliknya dengan membuang waktu yang tersedia.

Lalu bagaimana agar kita tetap produktif di hari libur ? hal yang pertama kita lakukan adalah tetap bangun pagi  dan melakukan aktivitas pagi sebelum berangkat ke kantor, kuliah atau yang lainnya. Seperti membersihkan tempat tidur, olahraga, sarapan dan mandi. Seringkali pada saat libur kita melakukan pemborosan waktu seperti terlalu lama tidur-tiduran, hanya menonton tv dan bermain internet. Maka langkah berikutnya adalah rencanakan hari kita, jika hari-hari biasa kita tidak dapat melakukan rutinitas di luar dari pekerjaan dan tugas kuliah. Maka pada hari libur kita dapat meluangkan waktu untuk melakukan rutinitas tersebut. Seperti merapikan kamar, lemari pakaian, dan lain-lainnya. Atau melakukan hoby kita entah itu bermain musik, membaca, membuat kreatifitas dan lain-lain sebagainya. Mengelompokkan tugas juga dapat membantu kita dalam menghindari pemborosan waktu dan menjadikan kita lebih produktif. Jadikanlah setiap kesempatan bersantai untuk melakukan hal yang produktif, tidak selalu pada hari minggu ataupun hari libur. Di sela-sela kesibukkan kerja pun dapat kita jadikan untuk melakukan hal yang produktif dan bermanfaat sehingga menjadikan kita seorang yang lebih berilmu. Semisal saja membaca buku saat berada di kendaraan umum saat berangkat atau pulang kuliah atau pulang bekerja. Jangan selalu menggunakan waktu luang hanya untuk bersantai atau tidur-tiduran.

0 komentar:

Posting Komentar